WORKSHOP VIDEO MENGAJAR INTERAKTIF DAN SLIDE POWERPOINT ANIMASI

Wirawan Sumbodo/ August 10, 2020/ Tak Berkategori/ 1 comments

DPP  IKA Unnes bekerja sama dengan Yayasan Edukasi Mahardika Indonesia menyelenggarakan Workshop video mengajar interaktif dan Slide Powerpoint Animasi Workshop diikuti oleh alumni UNNES/IKIP Semarang dari berbagai wilayah dan profesi seluruh Indonesia yang diselenggarakan secara daring. Agung Ade Yulianto sebagai nara sumber adalah  alumni  Prodi Pendidikan Teknik Kimia  Unnes  (1995 – 2000). Selain sebagai Founder Yayasan Edukasi Mahardika Indonesia,  Agung Ade Yulianto juga sebagai instruktur Nasional Pendidikan khususnya Kurikulum K13 berbasis Multimedia di Kabupaten/Kota seluruh Indonesia sejak tahun 2015.  Workshop video mengajar interaktif dan Slide Powerpoint Animasi ini sangat diperlukan oleh alumni UNNES/ IKIP Semarang yang berprofesi sebagai guru. Apalagi di era pandemik Covid-19  semua pembelajaran dari SD hingga SLTA dilaksanakan secara daring, sehingga peserta yang berprofesi sebagai guru dapat lebih efektif memberikan materi pelajaran melalui video mengajar interaktif dan Slide Powerpoint Animasi yang telah dikembangkannya.

Alumni Unnes/IKIP Semarang dari Berbagai Wilayah dan Profesi Mengikuti dengan Tekun.

Workshop dengan tema “Pembuatan Video Mengajar Interaktif dan Slide Powerpoint Animasi” ini telah dilaksanakan dua Gelombang, Gelombang pertama dilaksanakan pada tanggal 01 Agustus 2020 dan Gelombang kedua dilaksanakan pada tanggal 08 Agustus 2020. Peserta Workshop adalah Alumni Unnes/ IKIP Semarang dari berbagai angkatan dan dari berbagai Fakultas seperti Fakultas FMIPA, FBS, Fakultas Teknik, FIPS, dll  bahkan ada beberapa peserta yang sudah pensiun juga ikut serta menggali ilmu. Materi teknik membuat Video interaktif dan Slide Powerpoint Animasi disampaikan secara daring menggunakan Aplikasi Zoom. Diharapkan peserta dapat mengembangkannya sesuai mata pelajarannya masing-masing, sehingga siswa lebih termotivasi untuk belajar lebih mendalam, ungkap Agung Ade Yulianto.

Sementara itu Dr.Wirawan Sumbodo, M.T yang juga sebagai peserta dalam acara tersebut menyampaikan bahwa di era industri 4.0 ini  para guru dituntut tidak  hanya menguasai materi pelajaran saja, melainkan mampu berinovasi menggunakan teknologi informasi agar materi pelajaran lebih mudah diserap siswa secara menyenangkan, dan sewaktu-waktu dapat dibaca lagi secara berulang-ulang tanpa perlu kehadiran guru. Menguasai Teknologi  pembelajaran bagi seorang guru yang sudah senior awalnya tentu berat dibandingkan dengan guru-guru muda yang paham  IT sejak awal. Namun melalui Workshop ini peserta yang awalnya  terasa berat, pada akhirnya terasa lebih mudah dan nyaman, bila mengajar menggunakan media Video interaktif dan Slide Powerpoint.

Agung Ade Yulianto, berharap agar para peserta dapat berinovasi membuat media mengajar dalam bentuk Video menggunakan software camtasia studio sesuai mata pelajaran yang diajarnya, dan untuk pembuatan slide powerpoint animasi menggunakan software Powerpoint 2019.

Apresiasi peserta Webinar yang 100% Alumni Unnes/ IKIP Semarang ini sangat luar biasa, mereka dengan antusias mengikuti acara Workshop ini sampai selesai. Bahkan Para alumni membuat Grup WA khusus, untuk bisa komunikasi lebih lanjut dengan nara sumbernya.

Acara semacam ini sangat positif dilaksanakan, agar proses pembelajaran secara daring tetap berjalan dengan mulus tanpa hambatan. Namun tentu saja harus didukung oleh semua pihak. Harapannya materi yang telah disampaikan ditindaklanjuti oleh para peserta. Baik peserta maupun nara sumber berharap selain Workshop dilaksanakan secara daring juga perlu Workshop secara langsung tatap muka agar pelaksanaannya lebih efektif.

1 Comment

  1. Semoga bermanfaat bagi para peserta yg sebagian besar adalah guru yg tersebar di seantero negeri ini ..

    Salam sukses selalu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*